MENCEGAH SERTA MENGOBATI KESEHATAN MATA SECARA OBAT KIMIAWI MAUPUN HERBAL

Disini kelompok kami akan mengangkat tema tentang kesehatan mata diantaranya kami akan membahas mengenai fungsi dari organ mata, penyakit mata, serta contoh mencegah maupun mengobati organ mata secara kimiawi maupun herbal.
       Dalam kehidupan sehari-hari seorang manusia perlu menggunakan indra yang dimilikinya agar  menerima rangsang yang ada,sehingga tubuh kita dapat memberikan respon pada sekitarnya.Setiap indra yang dimiliki manusia memiliki fungsi yang sangat penting. Untuk itu kita harus bisa merawat dan menjaganya agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya, salah satunya adalah organ mata yang merupakan organ penglihatan yang mendeteksi cahaya.
Bagian – Bagian Mata, Anatomi Mata Dan Fungsi Mata Manusia sebagai berikut, 


Mata memiliki dua organ yaitu organ luar dan organ dalam yang masing-masing memiliki fungsi untuk melindungi bagian luar dan dalam dari mata, antara lain :

Organ Luar, terdiri dari :
  • Bulu Mata, terletak dekat sekali dengan mata dan berfungsi menyaring sinar atau cahaya yang akan diterima sebelum masuk ke bola mata
  • Kelopak Mata, membuka dan menutup mata yang berguna sebagai pelindung mata dari partikel-partikel asing seperti debu.
  • Alis Mata, berada tepat di atas kelopak mata dan memiliki fungsi untuk menahan mata dari air jatuh dari atas seperti keringat dan saat hujan.
Organ Dalam, terdiri dari :
  • Lensa Mata, memiliki fungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk kebagian belakang mata tepat pada retina.
  • Retina/Selaput Jala, merupakan lapisan yang sangat tipis dari jaringan di dalam mata. Berfungsi untuk menangkap sinar cahaya yang masuk ke mata. Impuls cahaya kemudian dikirim ke otak untuk diproses melalui saraf optik.
  • Kornea, terletak paling luar dari mata yang bening dan tembus pandang menutupi iris dan pupil. Fungsinya untuk menerima cahaya dari lingkungan sekitar.
  • Iris, bagian mata yang memiliki warna yang pada manusia kadang berbeda-beda sesuai dengan genetiknya. Berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk.
  • Pupil, berwarna hitam dan berada di tengah iris yang dapat membuka dan menutup. Berfungsi  untuk mengatur masuknya cahaya pada bola mata.
  • Aqueous Humor, berfungsi menjaga bentuk kantong depan bola mata.
  • Vitreous Humor, cairan bening yang umumnya berada pada rongga mata. Berfungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina.
  • Otot Mata, berfungsi untuk mengatur besar dan kecilnya lensa.
Contoh Penyakit Mata  dan Cara Pengobatannya.
1.      Butawarna
Buta warna adalah suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna. Yang dapat dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan. Artinya jika seseorang
buta warna, hampir pasti anaknya juga buta warna. Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram karena penebalan Lensa Mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Astigmatis = ketidak aturan lengkung – lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada satu titik retina(bintik kuning). Dapat dibantu dengan kacamata slinder/Operasi refraktif.

2.      Katarak
Jenis penyakit mata sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusinya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total dan menghalangi jalan cahaya. dalam perkembangan katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan penguatan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, menguning secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru
  1. Mencoba untuk berhenti merokok karena asap rokok bisa mempengaruhi kesehatan mata.
  2. Mengurangi konsumsi alkohol yang bisa meningkatkan kerusakan syaraf pada mata dan otak.
  3. Selalu memakai kacamata hitam saat berada di bawah sinar matahari
  4. Menjaga kesehatan dengan pemeriksaan rutin seperti tekanan darah, tingkat kolesterol dan tingkat kadar gula darah.
  5. Menjaga agar berat badan tidak berlebihan dengan mengurangi konsumsi lemak.
  6. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang menyehatkan seperti buah dan sayuran yang bisa meningkatkan kesehatan mata
Degenerasi 
Sebuah penyakit mata yang menyerang pada bagian makula sehingga menyebabkan mata tidak bisa melihat dengan jelas atau penglihatan kabur. Makula merupakan sebuah organ kecil pada mata yang terletak dibagian belakang mata dan berfungsi untuk mengirimkan sinyal gambar dari mata ke bagian otak. Penyakit ini paling sering terjadi pada orang tua
  1. Konsumsi berbagai jenis buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin seperti wortel, brokoli, kacang, kangkung dan bayam.
  2. Konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun, ikan salmon, ikan tuna dan semua jenis ikan yang banyak mengandung omega3.
  3. Konsumsi berbagai jenis biji-bijian seperti gandum.
  4. Menjaga berat badan untuk menghindari obesitas dan mencoba untuk berhenti merokok.
Glukoma
kondisi penyakit mata yang menyebabkan mata tidak bisa melihat dalam jangka waktu tertentu. Penyakit ini bisa disebabkan karena kondisi penyakit mata tertentu yang menyerang pada bagian saraf optik mata. tekanan yang terlalu tinggi dalam bagian mata bisa menyebabkan penyakit ini muncul. Ada dua jenis glukoma yaitu glukoma sudut terbuka dan glukoma sudut tertutup.
  • Konsumsi berbagai jenis makanan yang sehat seperti makanan yang banyak mengandung vitamin A, makanan yang banyak mengandung vitamin E dan berbagai jenis mineral.
  • Melakukan berbagai jenis olahraga yang tidak menyebabkan tekanan pada mata seperti jalan santai.
  • Konsumsi kafein dalam jumlah yang terbatas untuk meningkatkan kesehatan mata (Bahaya kopi dan bahaya kafein).
  • Sering minum air mineral untuk mencegah resiko kehilangan cairan karena tekanan pada mata.
Selalu menggunakan pelindung mata untuk mencegah penekanan pada bagian mata seperti saat mengemudikan kendaraan dan memakai perlindungan mata dari cahaya.

Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan cara, sebagai berikut :

MENGKONSUMSI BUAH WORTEL SECARA HERBAL UNTUK MENGATASI SAKIT MATA MEMERAH TERINFEKSI ( BELEKAN )
Buah wortel merupakan pengobatan herbal mengandung beta karoten yang bermanfaat sebgagai antioksidan serta dapat mengurangi resiko degenerasi makula ( mata tidak dapat melihat jelas atau kabur ). Buah wortel dapat dikonsumsi dalam bentuk juice, dalam satu minggu dikonsumsi sebanyak 3x, apabila diperlukan dapat dikonsumsi setiap hari.



MENGGUNAKAN TETES MATA TERHADAP MATA YANG TERINFEKSI DEBU

Tetes mata biasanya mengandung saline, sebagia bahan dasar. Tergantung terhadap tujuan penggunaannya. Tetes mata juga dapat mengandung pelumas air mata buatan atau zat anti kemerahan serta pengobatan, dapat digunakan untuk pengobatan iritasi, hal ini dikarenakan adanya terinfeksi suatu virus ataupun bakteri.


MENKONSUMSI SUPLEMEN SEBAGAI VITAMIN KESEHATAN MATA

Untuk mencegah atau menghindari efek yang lebih parah kita dapat mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kesehatan mata secara rutin. Asupan vitamin yang kita minum akan membantu metabolisme sel mata, serta melembabkan mata, mencegah resiko kekeringan mata.



Oleh karena itu, mari kita menjaga kesehatan mata agar mata kita tetap indah dan bersinar.

Semoga bermanfaat teman – teman. :-)


----------000000000000000-------------

Komentar

Postingan populer dari blog ini